-->

Jangan Katakan Dia Teman Sejati Anda Jika Belum Lulus Tes Ini

Jika anda berteman dengan seseorang yang tidak lulus tes ini, ada kemungkinan hubungan anda dengannya tidak berjalan dengan baik.

1. Perhatian
Salah satu kriteria penting dalam menilai seorang teman adalah seberapa perhatian dia terhadap kehidupan anda. Anda bisa mencoba mencari tahu dengan mengatakan kepadanya hal yang penting dalam hidup anda, lalu lihatlah apakah dia menanggapi dan mencari tahu lebih jauh.
JIka dia tidak melakukan hal itu, maka hubungi dia lagi dan lihatlah apakah dia menyinggungnya. Terakhir, jika dia masih juga tidak menyinggungnya berilah isyarat tentang hal itu dan lihatlah apakah dia mengingat tentang hal itu ataukah tidak. Tentunya, seorang teman sejati tidak perlu untuk berulang kali diingatkan, karena apa yang penting bagi anda pasti sangat menjadi perhatian bagi teman anda.

2. Kesetiaan
Ceritakan rahasia seorang teman dekat anda dan lihatlah apakah dia berkomentar atau kah tidak. Teman sejati tentu sangat memehami arti penting kepercayaan dalam menjaga sebuah hubungan. Pastikan, bahwa dia tampak keberatan karena anda telah menceritakan rahasia seorang teman kepada orang lain. Bula dia tipe orang macam ini, berarti ia adalah teman yang sangat menghormati privasi seseorang, siapapun itu. Lebih baik dia tidak mendengarnya kalau ia khawatir tidak dapat menjaganya. Selain itu, didalam lingkungan yang super gosip ini, anda juga bisa membuat test yang sedikit berbeda. Ceritakanlah sesuatu saja tentang diri anda atau pengalaman pribadi anda. Dan, pastikan hanya dia yang mendengarnya. Setelah itu berkelilinglah kepada teman-teman lain untuk mengetahui adakah kebocoran tentang yang sudah di ceritakan tadi.

3. Kebanggaan
Siapapun dapat menghibur kesedihan anda, karena seseorang akan merasa menjadi orang baik setelah melakukannya. Tetapi, jangan lupa melihat, siapa yang menepuk punggung anda ketika anda sukses menjalankan sebuah pekerjaan. Hanya orang yang tidak cemburu dan iri yang akan melakukan hal itu. Seorang teman sejati akan bangga dengan prestasi anda, bukannya iri atau menyepelekan. Lihatlah apakah dia mendatangi anda ketika anda menerima kabar baik, bukan hanya berita buruk.

4. Kejujuran
Teman sejati adalah teman yang mau memberitahukan hal hal yang bahkan tidak ingin anda dengar, ketika dia tahu hal tersebut ternyata baik bagi anda. Dia rela anda benci jika apa yang dilakukan bermanfaat bagi anda

5. Penghargaan
Katakanlah padanya bahwa ada hal menyenangkan (sesuatu yang baik) yang sedang terjadi dalam hidup anda, tetapi anda lebih suka untuk tidak membicarakannya saat ini. Lalu, lihatlah apakah dia mendesak anda untuk menceritakannya atau tidak. Ada perbedaan antara perhatian dan semata mata ingin tahu. Jika dia menunjukan sikap bahwa dia "harus tahu", berarti dia hanya tertarik pada gosip, dan bukan pada anda sebagai person.
Teman yang baik akan menghormati harapan harapan anda dan memberi anda kesempatan untuk meraihnya (tanpa memaksakan keingintahuannya). Dia mungkin akan terus menyinggungnya karena tertarik, tetapi dia tidak akan serta-merta terus mendesak agar anda menceritakannya apabila anda  sudah menegaskan bahwa tidak ingin menceritakannya sekarang.

6. Pengorbanan
Ketika ada sesuatu yang beresiko tinggi sedang menimpa anda, kebanyakan orang berhamburan pergi untuk melindungi kepentingan mereka sendiri. Perhatikanlah, apakah dia satu satunya orang yang berpikir dan berencana untuk membantu anda "Keluar dengan selamat", ataukah dia mendahulukan, dan berusaha mendahulukan kepentingannya sendiri tanpa sama sekali berbuat sesuatu demi kepentingan anda sebagai temannya.

Jika teman anda lulus dalam empat atau enam point diatas, kemungkinan besar anda telah mendapatkan teman baik yang bisa diandalkan. Jika dia hanya lulus dalam tiga point atau kurang, anda mungkin perlu meninjau ulang pertemanan anda denganya, atau membicarakan hal ini kepadanya. Jangan berharap terlalu banyak kepada seorang teman model ini.
Tentu saja, karena kita mengalami banyak hal dalam kehidupan ini, kita mungkin saja binggung dan secara tidak sadar menjadi kurang peka. Jadi, sebaiknya pengukuran anda dengan enam faktor ini dilakukan dalam jangka waktu tertentu, bukan hanya dalam sehari.

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments