-->

Adab Makan Dan Minum

Makan Dan Minum merupakan aktivitas yang selalu dilakukan beberapa kali pada setiap harinya.
Agar AAktivitas makan dan minum tersebut mendapat berkah maka sudah selayaknya umat islam membiasakan diri dengan adab makan dan minum yang telah dicontohkan Rassulullah Saw, Dalam Haddist Rassulullah Saw, Banyak Sekali contoh yang diberikan oleh nabi tentang adab makan dan minum, berikut adab makan an minum yang disertai dengan contoh yang diberikan Rasul Dalam Hadits

1. Cuci Tangan Sebelum Makan


DIriwayatkan Dari AIsyah r.a : "Sesungguahnya Rassulullah saw, ketika hendak tidur sementara dalam keaadaan junub, maka beliau berwudhu, dan ketika hendak makan beliau mencuci kedua tangannya" ( HR Nasai)

2. Duduk Dengan Baik



DIriwayatkan dari anaas r.a : " Sesungguhnya Nabi Saw, melarang seorang laki-laki minum sambil berdiri" (HR Muslim)

3. Memulai Makan Atau Minum Dengan Mengucap Basmallaah



Sesuai sabda rasulullah Saw : " Apabila salah satu di antara kamu akan mekan, maka sebutlah nama allah ta'ala, apabila ia lupa menyebut nama ALlah Ta'ala (Di permulaannya ), Maka Sebutlah nama Allah dengan meng-ucapkan, 'Bismillahi awwalahu wa akhirahu'."
(HR. Abu Daud dan At-Tirmidzi)

4.Berdoa Sebelum Makan dan minum


Doa Sebelum Makan


" Allahumma baariklanaa pimaa rajaqtanaa waqiina adzabannar "
Artinya : " ya Allah, Berikanlah barakah pada rezeki yang engkau berikaan , dan hindarkanlah kami dari siksa api neraka"

Doa Sesudah Makan Atau Minum


"Alhamdulillahiladzii at'amanaa wassaqana wadza'alna muslimin "
Artinya:  " Segala puji bagi allah yang telah memberi kita makan dan minum menjadikan kita umat muslim "

5.Jangan Makan Terburu-buru

Diriwayatkan dariibnu umar r.a katanya : "Rassulullah saw.bersabda: Apabila dihidangkan makanan di hadapanmu, sedangkan waktu shalat sudah datang, maka hendklah kamu makan terlebih dahulu.
Janganlah kamu terburu-buru,lakukan shalat setelah selesai makan."
(HR Bukhari dan Muslim )

6. Makan Dan Minum Menggunakan Tangan Kanan


Diriwayatkan dari Ibnu Umar r.a :" Rassulullah saw. Bersabda ketika kamu makan lakukan dengan tangan kanan, ketika minum juga dengan tangan kanan, karena sesungguhnya setan makan dan minum dengan tangan kirinya,"
(HR muslim)

7.Menyantap Makanan Yang Paling Dekat

DIriwayatkan Dari umar bin abu salamah r.a katanya " Aku Pernah berada di bawah dekat Rassulullah saw, waktu makan, tanganku teulur hendak menjangkau talam, lalu Rassulullah saw. Bersabda Kepadaku: Wahaaai anak muda! Bacalah Basmalah, Makanlah dengan tangan kanan dan dahulukan denngan makanan yang terdekat denganmu."
(HR Bukhari dan Muslim )

8.Membersihkan tangan dan mulut setelah makan

DIriwayatkan daripada ibnu abbas r.a : Rassulullah saw. Bersabda :" apabila seseorang di antara kamu memakan makanan, maka bersihkanlah sisa makanann yang ada di tangan dengan mulut lalu cucilah atau menyuruh orang membersihkannya."
(HR Bukhari dan Muslim )

9. Mengunyah Dengan Baik Dan Menjilat jaaari tangan dari bekas makanan.

Telah bersabda Rassulullah Saw, Dari Ka'ab Radhiallahu anhu, ia berkata :" aku melihat Rassulullah shallallahu alaihi wasalam makan dengan menggunakan tiga jari dan tatkala selesai beliau menjilat ketiga jarinya itu."
(HR.Muslim)

10.Makanlah secukupnya, Jangan berlebih-lebihan

Rassulullah bersabda, " tiada tempat yang lebih buruk yang dipenuhi oleh seseorang daripada perutnya. Cukuplah bagi seseorang beberapa suap saja untuk menegakan tulang punggunya; jikapun terpaksa, maka sepertiga untuk makanannya. sepertiga untuk minumannya dan sepertiga lagi untuk bernapas,"
(HR. Ahmad)

11. Bersikap Baik ketika Kedatangan tamu
Sebagai Tuan Rumah Jangan Melihat Wajah tamu sedang makan, tundukkan pandangan,agar tidak mengganggu persaaan mereka

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments