-->

100 Jenis Makanan Untuk Para Penderita Diabetes

100 Jenis Makanan Untuk Para Penderita Diabetes � Diabetes memang selalu memaksa penderitanya untuk membatasi jenis makanan yang akan dikonsumsi. Oleh karena itu bagi anda atau keluarga anda yang mengalami diabetes mulailah lebih pintar memilih menu makanan yang akan anda hidangkan dirumah.

Karena diabetes adalah penyakit yang bisa mengakibatkan komplikasi beresiko seperti serangan jantung, gagal ginjal, serta stroke. Jadi, janganlah pernah mengabaikannya.
100 Jenis Makanan Untuk Para Penderita Diabetes
100 Jenis Makanan Untuk Para Penderita Diabetes

Makanan Untuk Para Penderita Diabetes:

1. Bawang putih

Bawang putih mempunyai beberapa bahan aktif seperti alil propil disulfida (APDS) dan diallyldisul-phide oksida (allicin). Jika dikombinasikan dengan flavonoid jadi bakal memerankan utama dalam turunkan kandungan glukosa. Allicin bisa dikombinasian dengan vitamin B1 (tiamin) untuk merangsang pankreas melepas insulin.

2. Pare

Pare biasanya dipakai juga sebagai makanan serta obat-obatan dalam budaya Asia. Makan buah ini bisa turunkan gula darah. Lantaran rasa pahitnya, baiknya hidangkan pare yang dimasak dengan rempah-rempah atau sayuran yang lain. Faedah Buah Pare

3. Havermut

Havermut juga memiliki kandungan serat beta-glucan yang dapat dibuktikan menolong menstabilkan gula darah. Havermut memberi faedah penambahan untuk mereka dengan diabetes atau pra-diabetes, juga kurangi kandungan cholesterol LDL serta menolong turunkan berat tubuh. Satu jumlah havermut pada pagi hari yaitu langkah gampang untuk memasukkan gandum ke konsumsi harian.

4. Biji-bijian

Biji-bijian bisa turunkan resiko diabetes serta menolong tingkatkan gula darah puasa. The Dietary Guideline AS menyarankan mengkonsumsi 3�5 porsi biji-bijian /hari untuk orang dewasa. Biji gandum terlebih kaya akan beta-glucan.

5. Bayam

Bayam kaya magnesium yang bisa menolong mengontrol kandungan gula darah dengan mengatur pengeluaran insulin dan pemakaian glukosa pada badan. Kebetulan, orang dengan diabetes type 2 kerap mempunyai tingkat rendah serum magnesium. Bayam juga memiliki kandungan nutrisi utama yang lain, seperti beta-karoten, lutein, asam folat, vitamin K, magnesium, mangan, kalsium, serta kalium.

6. Kayu manis

Riset yang diterbitkan dalam Diabetes Care th. 2003 temukan bahwa konsumsi 1 gr kayu manis sepanjang 40 hari menolong tingkatkan glukosa darah puasa. Kayu manis dapat menolong Anda menggunakan lebih sedikit gula dalam masakan (termasuk juga pada minuman kopi Anda). Lantaran ini menaikkan rasa alami, juga terdapat di dalamnya antioksidan.

7. Cabai

Dalam suatu riset yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Nutrition, beberapa peneliti Australia temukan bahwa memasukan cabai dalam sisi teratur diet sehari-hari bakal menolong turunkan gula darah sesudah menyantap makan. Diluar itu, cabai juga memiliki kandungan antioksidan, vitamin C serta karotenoid yang bisa menolong tingkatkan regulasi insulin.

8. Kedelai

Kedelai mempunyai sedikit kandungan pati namun jumlah serat serta protein yang tinggi bisa memberi suatu dampak yang bernilai dalam turunkan ekskresi urin pada orang yang menderita diabetes.

9. Teh

Teh hijau serta teh oolong memiliki kandungan EGCG, sesaat teh hitam mempunyai tannin, theaflavin, serta EGCG juga. Seluruhnya bertindak dalam tingkatkan kesibukan insulin serta mengontrol kandungan gula darah. Faedah Teh Hijau serta Teh Hitam.

10. Buah Apel

Kandungan pektin tinggi dalam buah ini diakui menolong turunkan keperluan insulin badan. Suatu studi th. 2005 temukan bahwa wanita yang konsumsi sekurang-kurangnya satu apel satu hari 28 % lebih kecil menanggung derita diabetes type 2 daripada mereka yg tidak makan apel. Faedah Buah Apel

11. Buah-buahan

Buah naga, Apel hijau, Buah mengkudu, Buah papaya, Cuka apel, Alpukat, Jambu air, Belimbing wuluh

12. Sayur-sayuran

Tauge (toge), Lidah buaya, Kangkung, Kacang merah, Kacang tanah, Sawi hijau, Daun pandan, Daun selada, Paria (pare), Daun serai

13. Makanan Pokok

Gandum, Ubi jalar, Beras merah, Ketela pohon, Kentang

13. Daging

Ikan tuna, Ikan salmon

Itulah pilihan makanan yang aman dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Oleh karena itu untuk para penderita diabetes mulailah untuk memilih dan memilah dengan pintar makanan apa yang ingin anda konsumsi.


Sekian pembahasan septy tentang 100 jenis makanan untuk para penderita diabetes. Terimakasih

Sebaik-baiknya Manusia adalah yang bermanfaat bagi orang lain.

Disqus Comments